FREE Download and Play MUSIC

Gfriend-Time for the moon night
Gfriend-Rough (fast. ver)
Gfriend-Sunrise

Wednesday, November 27, 2019

A. Keragaman Ketampakan di Permukaan Bumi


    A. Keragaman Ketampakan di Permukaan Bumi
Manusia tinggal di lingkungan yang beragam. Sebagian dari mereka tinggal di pegunungan dan sebagian lainnya tinggal di pantai yang datar atau di wilayah perbukitan. Keragaman tersebut memengaruhi kehidupan manusia. Manusia yang tinggal di pegunungan memiliki corak kehidupan yang berbeda dengan mereka yang tinggal di pantai. Demikian pula dengan orang yang tinggal di perbukitan dan lembah sungai. Masing-masing penyesuain diri atau beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya.
Mengapa permukaan bumi beragam bentuknya? Bagaimana proses terbentuknya keragaman tersebut dan apa dampaknya bagi kehidupan manusia?
Ketampakan alam yang ada di sekitar kita terdiri atas ketampakan alam yang ada di daratan dan perairan. Contohnya ketampakan alam yang ada di daratan adalah dataran tinggi, dataran rendah,pantai, tanjung gunung, pegunung dan gunung. Sedangkan ketampakan alam yang ada diperairan adalah sungai, danau, selat dan laut.
1.      Ketampakan Alam di Daratan
Ketampakan alam yang ada di daratan, antara lain sebagai berikut:
a.       Dataran rendah ada;ah bagian dari permukaan bumi dengan letak ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut (dpl) yang bermanfaat sebagai lahan pertanian, perikanan, pemukiman dan peternakan. Daratan rendah pada umumnya terdapat di sekitar pesisir pantai.
b.      Daratan tinggi adalah daerah datar yang memiliki ketinggian lebih dari 400 meter di atas permukaan laut (dpl). Daratan tinggidapat dimanfaatkan untuk perkebunan maupun tempat peristirahatan. Selain itu, dataran tinggi digunakan untuk menanam tanaman jenis sayuran dan buah-buahan. Beberapa dataran tinggi di Indonesia, antara lain Alas (Nanggoe Aceh Darussalam), Kerinci (Sumatera barat), Dieng (Jawa Tengah), Tengger (Jawa Timur), Bone (Sulawesi Selatan) dan Minahasa (Sulawesi Utara).
c.       Gunung
Gunung dapat dijadikan sebagai tempat perkebunan, rekreasi atau olah raga, juga berfungsi untuk melindungi dataran rendah dari angin besar.
d.      Pegunungan
Pegunungan dalah bagian dari daratan yang merupakan kumpulan deretan dari gunung dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Pegunungan umumnya dipakai untuk rekreasi atau tempat peristirahata. Beberapa pegunungan di Indonesia, antara lain pegunungan Dieng (Jawa Tengah), Sewu (DI Yogyakarta), Schwaner (Kalimantan barat dan Kalimantan tengah), Siunandaka (Sulawesi utara), Utimbela (Gorontalo), Pompange (Sulawesi tengah) dan Jaya Wijaya (Papua).


No comments:

Post a Comment